-->

Type something and hit enter

          Cargo Hold adalah tempat untuk pemadatan muatan di atas kapal, untuk itu kontruksi cargo hold harus water tight dari air laut maupun air hujan. Untuk menjamin watertight, maka setiap cargo hold di lengkapi dengan hacth cover dan pelaratan lashing yang terpasang pada atas hacth coaming. tinggi rendahnya hactch coaming di tentukan dengan loadline rule. fungsi hatch coaming adalah untuk melindungi muatan dari pengaruh ombak air laut yang menerpa cargo hold. untuk membuka dan menutup hatch cover dingunakan hydrolic, electric ataupun wire yang di hubungkan dengan winch. untuk kapal bulk pada umumnya menggunakan sistem side rolling hatch cover, untuk kapal general cargo menggunakan sistem lift-off covers.

 
         Hatch cover yang sering kali kita temui adalah :
A. Single Pull Hatch Cover ( Tutup Palkah Tarik )
       Merupakan jenis dari MacGregor single pull weather deck hatch cover yang paling sering ditemui. pada jenis, tutup palkah baja yang terdiri dari beberapa panel ( tutup ) beroda yang berjalan diatas rel disepanjang kedua sisi ambang palkah, yang didesain sedemikian rupa sehingga apabila di buka dengan tali penarik, panel-panel tersebut akan terjungkir dalam keadaan tegak dan melingtang kapal didepan atau dibelakang lubang palkah. 



B. Side End Rolling Hatch Cover ( Tutup Palkah Geser )
        Merupakan tutup palkah baja yang terdiri dari dua tutup beroda yang dapat berjalan diatas rel pada ambang palkah, yang pada waktu di buka masing-masing tutup menggeser pada arah yang berlawanan dalam keadaan mendatar.


C. Rollitite Hatch Cover ( Tutup Palkah Gulung )
        Merupakan tutup palkah baja yang terdiri dari beberapa tutup yang melintang lubang palkah dan pada waktu dibuka tutup-tutup tersebut dalam keadaaan tergulung.


D. Folding Hatch Cover ( Tutup Palkah Lipat )
       Merupakan tutup palkah baja yang terdiri dari dua tutup beroda atau lebih yang berjalan diatas rel di sepanjang kedua sisi lambang palkah, yang di rancang sedemikian rupa sehingga apabila dibuka kedua tutup tersebut akan berlipat dalam keadaan tegak di atas rel.


E. Piggy Back Hatch Cover ( Tutup Palkah Susun )
       Merupakan tutup palkah baja yang terdiri dari dua tutup, yang pada waktu di buka, tutup yang satu berada di atas tutup yang lain dalam keadaan mendatar di sisi atau di depan - belakang lubang palkah. 




 
 

add your massage to every single people do comment here!

Click to comment