pembuatan suatu container di dasarkan atas standart-standart tertentu sesuai dengan aturan internasional. standart tersebut meliputi panjang, tinggi, ketebalan dan lain-lain. menurut fungsinya containter memiliki beberapa jenis, type tertentu yang antara lain :
ukuran ini sering di kenal dengan 1 teus ( twenty footer equivalent unit ) memiliki standart sebagai berikut :
ukuran ini sering di kenal dengan sebutan 1 feus ( forty footer equivalent unit ) memiliki ukuran standart sebagai berikut :
h. REEFER CONTAINER
a. STANDART CONTAINER
container ini biasa di sebut sebagai close container / general porpuse balok persegi, terdiri dari roof panel, left side panel, right side panel, dan front panel terbuat dari baja. container ini di pakai untuk mengaangkut general cargo yang tidak memerlukan pengaturan temperature atau kondisi khusus lainnya. container ini terdapat 2 ukuran standart yaitu :
- ukuran 20 feet ( 20' )
ukuran ini sering di kenal dengan 1 teus ( twenty footer equivalent unit ) memiliki standart sebagai berikut :
panjang : 20' ( 6,096 m )
lebar : 8' ( 2,4384 m )
tinggi : 8'6'' ( 2,5908 m )
berat kosong : + 2,4 ton
kapasitas muat : + 22 ton
catatan : berat barang yang di injinkan di maksudkan container adalah 20 ton karena kemampuan derek kapal pada umumnya adalah 25 ton
- ukuran 40 feet ( 40 feet )
ukuran ini sering di kenal dengan sebutan 1 feus ( forty footer equivalent unit ) memiliki ukuran standart sebagai berikut :
panjang : 40' ( 12,192 m )
lebar : 8' ( 2,4382 m )
tinggi : 8,6'' ( 2,5908 m )
berat kosong : + 4,6 ton
kapasitas muat : maximum 35 ton sampai 40 ton netto
catatan : 1 feus setara dengan 2 teus
bentuknya sama dengan conatiner standart standart 40' berada pada tingginya. tingginya 9'6'' ( 2,8956 m ) lebih tinggi 1 feet dari pad ukuran standart. bentuk ini dingunakan untuk mengangkut barang jenis barang general cargo dan biasa dingunakan untuk kegiatan export import
c. FLAT TRACK CONTAINER
bentuk ini terdiri dari front panel, door panel dan floor panel. memiliki ukuran standart 20' dan 40'. bentuk ini di pakai untuk di pakai untuk barang yang tidak biasa di maksukkan lewat pintu depan, juga untuk barang-barang yang terlalu tinggi jika di masukkan lewat door panel pada jenis container biasa. penempatan di atas kapal harus di letakkan pada tier yang paling atas pada on deck, bagian atasnya juga biasa di tutup terpal
d. PLATFORM CONTAINER
bentuk container ini mempunyai bagian floor saja. biasa dingunakan untuk mengangkut barang yang tidak simetris. penempatannya di atas kapal di usahakan pada tier paling atas pada on deck
container ini terdiri dari tabung dengan kerangka yang membentuk tabung itu menjadi sebuah container. fungsi kerangka tersebut ialah untuk mempermudah proses pemindahan barang dan untuk melindungi tabung dari benturan, container ini di rancang untuk mengangkut bahan cair yang berbahaya. bentuk ini mempunyai 2 katub, 1 katub di atas untuk proses pengisian dan 1 katub di bawah untuk proses pengeluaran dan juga container ini mempunyai ukuran standart panjang 10',15' dan 20'
bentuk ini di rancang untuk mengangkut barang curah. bentuknya sama dry container, namun bagian atas terdapat katub untuk mengisis barang curah. biasanya container ini di pakai untuk membuat barang yang bentuknya butiran kering seperti gula, semen, dan lain-lain
g. HALF HIGHT CONTAINER
bentuk ini mempunyai panjang dan lebar seperti standartcontainer namun memiliki tinggi setengtah dari ukuran standart container yaiyu 4'3'' container ini biasa di ngunakan untuk mengangkut barang berat seperti besi tua, pipa besi, batu marmer dan lain-lain. oleh karenanya container ini juga biasa di sebut twi half hight yang artinya 2 container cukup menempati 1 ruang untuk container standart
terdapat dua unit half high container yaitu :
- half high container solid removable top : container setengah tinggi yang mempunyai tutup dari besi
- half high container soft removable top : container setengah tinggi yang mempunyai tutup dari terpal yang dapat di buka dan di pindahkan
h. REEFER CONTAINER
bentuknya sama dengan standart container, tetapi memiliki pendingin pada bagian front panel untuk mengkondisikan barang-barang yang di masukkan agar tahan lama dan tidak cepat busuk. setelah proses stuffing selesai maka dengan segera pendingin di aktifkan, baik selama menunggu pemuatan atau pun jika sudah berada di atas lautan. bagian dalamnya di lapisi bahan tertentu seperti alumunium untuk menjaga agar suhu di dalamnya tetap stabil. jenis barang yang di angkut antara lain : buah , sayur , ikan , udaang dan lain-lain
ADAPUN TEMPAT PENUMPUKAN CONTAINER TERDIRI DARI :
- CY ( container yard ) : lebih di kenal denagn nama DEPO , tempat penumpukan container yang di ngunakan untuk proses stuffing / stripping, lift off , lift on , repair , cleaning
- CFS ( container freight stasion ) : tempat penumpukan container yang di gunakan untuk proses bongkar muat container , CFS biasanaya terletak di pelabuhan
add your massage to every single people do comment here!