- LCL ( less than container load ) adalah cara pengiriman melalui container di mana satu container terdiri dari beberapa shipper. proses stuffing langsung di CY perusahaan pelayaran dan di awasi langsung oleh petugas pelayaran segala resikonya pada saat di stuffing ataupun di stripping di tempat tujuan menjadi tanggung jawab pihak perusahaan pelayaran. perhitungannya di dasarkan tonase atau kubikasi barang yang di kirim oleh shipper
- FCL (full container load ) : cara pengiriman barang di mana satu container di sewa oleh satu shipper. pada proses stuffing dan stripping biasa di awasi sendiri oleh pihak shipper. pihak perusahaan tiddak bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kehilangan barang dalam container proses stuffing dan stripping biasa di lakukan dan CY perusahaan pelayaran atau CY milik shipper. perhitungan biaya di kenakan per container shipper pun tidak boleh mengisi container melebihi batas angkut sebuah container
- ACC ( at carrier convinience ) : cara pengiriman barang ini sama seperti FCL tetapi proses stuffing dan stripping di awasi pihak pelayaran. segala resiko menjadi tanggung jawab pihak perusahaan pelayaran stuffing dan stripping biasa di lakukan di CY perusahaan pelayaran atau CY shipper. perhitungan biaya di kenakan pengiriman per container
Kondisi Pengiriman Container
- FCL / FCL dengan kondisi CY / CY : shipper / consigne menyediakan sendiri sarana angkutan untuk mengirim / mengambil barang ke CY dan mengawasi sendiri. proses stuffing / dan stripping perusahaan pelayaran hanya memuat container dari pelabuhan muat menuju pelabuhan bongkar. apabila shipper / stripping di luart CY maka container dan shipper / consigne tetap mengusahakan sendiri sarana angkutan dari dan ke CY. pihak pelayaran tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan
- FCl / FCL dengan kondisi door / CY : kondisi ibni barang di stuffing di tempat shipper di terima oleh pihak consignee di CY. jika consignee ini melakukan stripping di luar maka consignee harus menyediakan sejumlah uang sebagai jaminan kerusakan container dan menyediakan sejumlah uang sebagai jaminan kerusakan container dan menyediakan sendiri sarana angkutan. semua isi container jawab shipper
- FCL / FCL dengan kondisi door / door : dalam kondisi proses stuffing dan stripping di lakukan di luar CY di maana selama pelayaran merupakan tanggung jawab shipper dan container dalam keadaan di segel sampai ke tangan consignee
add your massage to every single people do comment here!