-->

Type something and hit enter

jelaskan hal-hal yang harus di siapkan pada waktu akan menjemput dan mengantar pandu

1. hal-hal yang harus di perhatikan 



  • memasang tangga pandu dengan benar 
  • pastikan tangga pandu dalam keadaan kuat dengan cara kita mencobanya setelah terpasang 
  • menyiapkan dan meletakkan lifebouy di dekat tangga pandu 
  • memasang bendera pandu pada siang hari dan malam hari mengidupkan lampu / penerangan pandu ( jika pandu sudah di kapal )
2. cara menyiapkan tangga pandu


  • memasang tangga pandu pada posisi dan bagian yang benar 
  • mengatur ketinggian tangga pandu dari permukaan air laut ( 1 meter dari permukaan air laut / tergantung permintaan pandu ).
  • ikatan tangga pandu harus kuat dan usahakan tali ikatan tidak berserakan 
  • tali pegangan di area sedemikian rupa dan harus di ikat dengan kuat 
melaksanakan " look out " yang benar dengan penglihatan dan pendengaran

isyarat - isyarat yang berkaitan dengan olah gerak, penyimpangan dan penyusulan :



  • ONE SHORT BLAST ( * )          : Saya merubah haluan ke kanan 
  • TWO SHORT BLAST ( ** )       : saya merubah haluan ke kiri 
  • THREE SHORT BLAST ( *** )  : saya bergerak mundur 
  • ( - - * )                                          : saya menyusul dari kanan 
  • ( - - * * )                                       : saya menyusul dari kiri 
  • ( - * - * - )                                    : saya setuju
  • ( * * * * * )                                  : saya ragu-ragu
  • ( - )                                               : saya belok tikungan tajam 
isyarat bunyi dalam penglihatan terbatas 
1. ( - - )                  : power driven vessel underway 
2. ( * * - - - )          : power driven vessel stop 
3. ( * * * * )           : pilot vessel 
4. ( - * * - )            : vessel aground 
5. ( * - * )              : anchurage vessel 
6. ( - *  * )             : not under comand

add your massage to every single people do comment here!

Click to comment