pemeriksaan ( inspection )
- meliputi lambung , lunas dan bagian yang terendam air setelah air setelah kapal naik dock , maka untuk pembersihan lajur lain lambung di pakai " SANBLAST " yaitu penyemprotan dengan pasir menggunakan tekanan tinggi sehingga karat / kerak yang menempel bisa lepas , penyemprotan juga bisa menggunakan air tawar agar lebih , pemeriksaan plat dengan menggunakan alat ukur ketebalan yaitu ultrasonik dan pergantian plat di lakukan bila plat keropos , pengecatan mulai dari cat dasar ( meni ) kemudian cat corosive atau karat dan 24 jam sebelum turun dock , kapal di cat lagi dengan anti foaling ,keausan plat 60 % - 70 % harus nganti
daun kemudi ( pudder )
- pemeriksaan terhadap daun kemudi terbatas pada pembersihan dari karat dan tritip kemudian di lanjutkan dengan pengecatan ( primer dan flashinhg paint ) sampai puakah dan penyangga kemudi
propeller ( balling - balling )
- pemeriksaan di lalukan terhadap baling - baling dan as propeler yaitu pengujian keaslian serta kebersihannya - pembersihan dapat di lakukan dengan gerinda sehingga karat dan trinp yang menempel menjadi bersih , as packing propeller juga harus di periksa
perlindungan kathoda
- sebagai plat bottom dan lambung yang terendam , agar tidak cepat berkarat dan terkikis air laut . setiap tahun kapal hatus docking dan kathoda harus sudah habis dan di ganti kathoda baru
pekerjaan kebersihan
- pengetokan dan pengecatan pekerjaan meliputi pembersihan plat-plat dari karat setelah itu bagian dasar ( bottom ) di cat di cat dengan meni , dan di lapisi cat anti corosive dan cat anti foaling
jangkar dan rantai jangkar
- jangkar dan rantainya , baik kanan atau kiri di keluarkan dari tempatnya ( chain locker ) setelah itu di adakan : - pembersihan dari lumpur , - pengetokan dari karat , - pengecatan
tanda - tanda tali jangkar
- tanda pada segel harus di ubah atau di perjelas dengan cara di cat ulang atau pemberian tanda
- perubahan merkaah juga memerhatikan pembalikkan rantai jangkar
- tanda atau merkah pada segel harus di periksa dan di cek
- apabila tanda atau merkah pada segel rusak , harus segera di ganti
- pada umumnya tanda yang di pakai untuk segel rantai jangkar menggunakan lilitan kawat pada sengkang dari merah rantai
- pemberian merkah harus memperhatikan pemutaran atau perubahan rantai , pemberian tanda pada segel dengan cara di cat putih sesuai urutan segelnya
tempat rantai jangkar dan pengamanan ujung tali
- tempat rantai jangkar harus di bersihkan dari lumpur dan apabila ada air menggenanginya , maka harus di keringkan sehingga chain locker bersih dan kering
- sedangkan pengamanan ujung tali jangkar di periksa apbila terjadi kerusakan maka harus di perbaiki atau di nganti
add your massage to every single people do comment here!