-->

Type something and hit enter

bagian dari mesin kapstan :

1. WINC / DEREK
winch pada kapal fungsi sebagai mengguluing tali atau mengulur tali
WINCH
          Adalah alat yang di gunakan untuk menggulung ke dalam atau mengulur ke luar kabel atau tali pada saat kapal mulai menambat. pada hal ini merupakan cara untuk mengencangkan tambatan kapal ke pelabuhan.

2. FAIRLEAD
FAIRLEAD PADA KAPAL BERFUNGSI SEBAGAI UNTUK MENGATUR DAN MENGARAHKAN TALI TAMBAT
FAIRLEAD

        Merupakan perlengkapan yang di pasang secara simetris pada kiri dan kanan terletak pada haluan dan buritan. fairlead berguna  untuk mengatur dan mengarahkan tali tambat dari penggulung tali menuju pada tongga tambat ( bolder ) yang berada di dermaga atau pelabuhan.

3. BOLLARD
bollard pada kapal berfungsi sebagai untuk mngikat tali tambat pada saat kapal di pelabuhan
BOLLARD

        Tonggak tambat ( bollard ) di kapal adalah perlengkapan tambat di kapal yang di gunakan    utntuk mengikat tali tambat pada saat kapal tambat di pelabuhan atau di dermaga . dan sebagai tonggak tambat untuk pengikatan tali pada saat kapal sedang di tunda atau kapal sedang di tunda kapal lain. 

4. WARPING END
warping end  digunakan untuk mengerak kapal dengan jalan menarik tali
WARPING END

            Dingunakan jika ingin menggerakkan kapal dengan jalan menarik tali yang ujung tali yang lain telah di ikattkan pada bollard di pelabuhan.  jadi tali tidak langsung di gulung atau di tarik ke winch tapi dililtkan terlebih dahulu dan beberapa gulung pada warp end.

5. WINCH WINDLASS
WINCH WINDLASS KAPAL ADALAH MESIN DEREK JANGKAR
WINCH WINDLASS

            Winch windlass atau mesin jangkar merupakan mesin derek jangkar yang di pasang pada kapal yang di gunakan untuk keperluan mengangkat dan mengulur jangkar dan rantai jangkar melalui tabung jangkar atau ( HAWSE PIPE ) . pada saat ini banyak kapal menggunakan tenaga dari listrik .

6. MESIN DEREK

MESIN DEREK PADA KAPAL NESIN YANG DI GUNAKAN UNTUK OEPERASI MUATAN
MESIN DEREK
             Mesin derek atau di sebut juga mesin pengangkat merupakan mesin yang di gunakan untuk operasi pada muatan di pelabuhan dan sepenuhnya di bawah pengoprasian awak kapal bagian dek . mesin-mesin ini tereletak pada di depan atau di belakang mulut palka.

add your massage to every single people do comment here!

Click to comment