A. SEBELUM DI OPRASIKAN
- periksa bahan bakar dalam tanki, tambah bila kurang
- buka kran bahan bakar
- periksa minyak lumas pada carter dan kopling
- putar handle pada saringan bahan bakar pada saluran keluar beberapa kali ke kiri maupun ke kanan
- buka kran utama
- putar handle start denagn tangan untuk melumasi bagian - bagian yang bergerak
- atur kedudukan governor pada posisi maksimum
- putar hanle star sampai terdengar bunti tekanan bahan bakar pada injektor apabila tidak kedengaran bunyi tekanan, berarti ada udara dalam dalam sitem bahan bakar
B. START ( STARTING )
- atur kedudukan governer pada posisi maksimum
- angkat decompresion lever dan putar engkol mesin sebanyak 5 sampai dengan 6 kali, sehingga roda gila memberikan momen putar tertentu
- lepaskan decompresion lever dengan segera, sehingga mesin start
- panasi mesin dengan rpm 600 - 700 tanpa beban selama 10 menit
C. SELAMA MESIN BEROPERASI
- periksa air dingin pendingin pada pipa keluar air pendingin
- berikan tekanan minyak lumas pada indikator ( oil signal ), apabila normal oil signal berwarna biru
D. MENYETOP MESIN
- atur handle governor pada posisi stop
- tutup kran bahan bakar
- tutup kran utama bahan bakar
- stop mesin pada posisi kompresi yang di atur dengan putaran engkol start, jangan mengangkat decompresi lever. pada posisi ini , katup pemasukan dan pembuangan tertutup. hal ini untuk mencengah terjadinya kerusakan pada cylinder dan kedudukan katup
add your massage to every single people do comment here!