- tentukan atau ketahui terlebih dahulu route pelayaran yang akan di layari .
- dengan menggunakan katalog peta untuk mengetahui peta yang akan di gunakan.
- setelah mengetahui peta yang di gunakan, kemudian urutkan peta-peta tersebut , mulai dari tempat tolak hingga tempat tiba. peta yang ddi gunakan terlebih dahulu, di susun paling atas.
- setelah peta-peta tersebut di urutkan, tarik garis haluan yang akan di gunakan dalam pelayaran dengan memperhatikan bahaya-bahaya navigasi yang sudah di gambarkan di peta.
- untuk memasuki pelabuhan tertentu , di ngunakan peta rencana dengan skala besar, dari nomor peta dan peta rencana dapat di ketahui pada peta tersebut.
- selain itu perlu di gunakan koreksi pada peta atas , informasi dari BPI atau NTM sehingga dapat di ketahui perubahan atau tambahan-tambahan di peta.
cara mengoperasikan peta adalah :
- mendahulukan peta dengan skala besar.
- pengoreksi melakukan dengan cara menggunakan singkatan-singkatan atau simbol-simbol yang tercantum dalam peta no 1 , pada peta samudra hanya suar yang mempunyai jarak nampak lebih dari 15 mil yang di koreksi , selain jarak nampak yang di koreksi adalah warna dan sifatnya.
- cari berita dari BPI yang ada kaitannya dengan route pelayaran kita.
- lihat daerah pelayaran dan koreksi nomer peta.
- perhatikan dan koreksi dengan benar menegenai tanda penulisan , gambar , dan posisi lalu lintas koreksi dalam peta yang akan di gunakan.
- berita yang bersifat sementara, beri tanda huruf " s " dengan menggunakan pensil.
- jika dalam BPI ada gambar atau block, gunting gambar tersebut dan tempel di peta sesuai dengan nomer dan posisinya.
- setelah koreksi , catat bahwa di bawah kiri peta tentang tahun koreksi dan nomer berita dari BPI.
- untuk NTM , catat lagi pada buku chart correction log np 1334 sesuai nomer peta, kemudian dalam kolom tulis tahun NTM dan nomer berita NTM . untuk berita yang bersifat sementara di tulis pada kolom pre elementary dan beri tanda " P " .
add your massage to every single people do comment here!