INTERNATIONAL MARITIME DANGEROUS GOODS ( IMDG ) CODE
Pertama kali di publikasikan tahun 1965, IMDG code telah menjadi pendoman baku untuk semua aspek pengmanan barang-barang berbahaya dan polutan laut dalam pengangkutan lewat laut meskipun ditujukan langsung untuk para marinar, ketentuan code ini memperngaruhi keseluruhan industri dan bidang jasa. produsen bahan-bahan kimia, pengemas, pengangkut ( laut ) dan jasa-jasa terkait pendukung lainnya seperti pihak berwenang ( polisi ) lalu lintas darat ( jalan ) dan kereta akan mendapat rekomendasi yang terjamin mengenai klafikasi, penyimpanan, pemgemaasan, istilah khusus dan tindakan tanggap darurat. IMDG code di kembangkan sebagai international code yang seragam untuk pengangkutan barang-barang berbahaya lewat laut yang meliputi hal-hal seperti pengepakan, penyimpanan dan lalu lalangnya container, dengan khusus terhadap pemisahan zat yang tidak cocok.
PERKEMBANGAN IMDG CODE
Perkembangan IMDG Code di mulai pada konfrensi SOLAS pada tahun 1960 yang menyarankan pemerintah untuk menerapkan kode international yang seragam/sama untuk pengangkutan barang-barang berbahaya melalui laut untuk melengkapi peraturan yang terkandung dalam konfrensi international SOLAS 1960. sebuah resolusi yang diangkat oleh konfrensi 1960 mengatakan bahwa code yang di ajukan sebaiknya meliputi hal-hal seperti pengemasan, lalu lintas dan penyimpanan container, dengan referensi khusus akan pemisahan zat-zat yang tidak setara/cocok. kelompok panitia keselamatan laut dari IMO mulai mempersiapkan IMDG CODE tersebut di tahun 1961, berkerja sama erat dengan panitia ahli pengangkutan barang-barang berbahaya dari PBB, yang dalam laboran tahun 1956 nya telah mensyaratkan minimum pengangkutan barang-barang berbahaya lewat semua alat transportasi sejak penerapannya dalam pertemuan IMO 1V tahun 1965, IMDG CODE telah mengalami banyak perubahan, baik dalam tampilan maupun isinya untuk mengimbangi kebutuhan industri yang berubah-ubah. perubahan-perubahan yang tidak mempengaruhi prinsip dasar code tersebut dapat di terapkan oleh MSC yang memungkinkan IMO merespon perkembangan transport/pengangkutan pada waktu yang tepat. perubahan terhadap IMDG CODE berasal dari dua sumber : proposal yang di ajukan langsung oleh negara-negara angota IMO dan perubahan yang di sesuaikan dengan perubahan rekomendasi PBB di buat dalam siklus dua tahunan dan kira-kira dua tahun setelah penerapannya perubahan tersebut oleh pihak berwenang yang bertanggung jawab untuk mengatur bermacam alat transportasi. dengan begitu satu rangkain dasar syarat-syarat yang dapat diterapkan untuk semua jenis alat transportasi telah di bentuk dan di terapkan, sehingga dapat memastikan bahwa tidak ada kesulitan yang di hadapi dalam pemindahan berbagai jenis alat transporatasi.
add your massage to every single people do comment here!