-->

Type something and hit enter

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEADAAN DARURAT DI KAPAL 



  1.  Faktor alam
Yaitu di mana keadaan darurat yang di sebabkan oleh adanya cuaca buruk dan keadaan lainnya yang tidak dapat di perkirakan sebelumnya.

     2.  Faktor manusia 

Yaitu contohnya seperti kelalain yang di lakukan oleh manusia yang mengakibatkan kebakaran atau ledakan yang di sertai kebakaran, dan sebagainya .

     3.  faktor teknis 

Yaitu di mana keadaan darurat yang di sebabkan contohnya seperti ada kaitannya dengan kelayak lautan kapal , sehingga kapal tidak mampu meneruskan pelayaran dengan aman , sehingga akibat yang di timbulkan pada kapal boleh jadi kapal bocor, terbalik, mesin rusak.

MENCENGAH TERJADINYA KEADAAN DARURAT 

A. kapal harus layak laut sesuai dengan peraturan yang berlaku
B. memperhatikan faktor-faktor keselamatan dalam pemuatan pemadatan dan perawatan pada muatan selama pelayaran .

C. membuat dan melaksanakan rencana pelayaran dengan baik dan benar dengan memperhatikan ( contigency plan ).

D. memantau dan menganalisa berita cuaca dan berita-berita keamanan navigasi yang berkaitan dengan keamanan pada pelayaran.

E. selalu melaksanakan perawatan dan pemeriksaan semua pelaratan di  kapal yang berkaitan dengan semua pelaratan keselamatan pelayaran.

F. selalu mengigatkan kepada crew kapal dan penumpang, tentang hal-hal yang mungkin dapat mencengah keadaan darurat, termasuk kebiasaan pelaut yang baik atau di sebut GOOD SEAMANSHIP

G. selalu melaksanakan latihan-latihan penyelamatan, latihan pemadam kebakaran dan lainnya dengan peraturan yang berlaku.

H. melakukan pemeriksaan keliling pada kapal sedikitnya pada setiap perngantian tugas jaga di dalam lingkup tanggung jawab nya masing-masing dan mencatatnya pada buku harian kapal.

MENENTUKAN KONDISI KEDARURATAN 

Seorang nahkoda atau pemimpin di atas kapal harus memiki kemampuan untuk menentukan kapan keadaan darurat dapat di berlakukan dan menentukan waktu yang tepat dan cukup efektif kapan harus meninggalkan kapal ( ABANDON SHIP ). apabila seorang nahkoda atau pemimpin di atas kapal salah dalam mengambil keputusan yang tepat , maka yang di timbulkan baik untuk crew kapal, penumpang atau kapalnya itu sendiri akan ber akibat fatal.

Hal -hal yang harus di perhatikan :

1. apakah keadaan yang dapat menimbulkan kedaruratan dapat di atasi atau tidak ?

2. apabila keadaan darurat dapat di atasi apakah waktu yang di perlukan memadai ?

3. apakah alat-alat penelong di atas kapal telah di siapkan ?

4. apakah isyarat-isyarat bahaya atau komunikasi marabahaya di atas kapal telah di kirimkan dan sejauh mana efektifitasnya ?|

5. apakah keadaaan cuaca memungkinkan untuk penurunan suatu jenis alat penolong apabila meninggalkan kapal ( ABANDON SHIP ) adalah pilihan yang di tentukan ?

add your massage to every single people do comment here!

Click to comment