-->

Type something and hit enter


  1. ALMANAK NAUTIKA , berisi tentang daftar GHA matahari , bulan, planet, GHA bintang, declinasi, merrpass, sunrise, moonrise, moonset, increment, dll. di terbitkan oleh dinas hidro oceanografi TNI-AL.
  2. KATALOG PETA , di terbitkan oleh british admiralty , di ngunakan untuk mengetahui nomor peta yang di ngunakan sebagai route pelayaran.
  3. SHIP ROUTING , buku ini merupakan panduan tentang aturan dan gambaran garis besar tentang TSS " traffic seperation scheme " di seluruh dunia. 
  4. DAFTAR PASANG - SURUT AIR LAUT , di gunakan sebagai panduan untuk mengetahui pasang-surut air laut di setiap pelabuhan atau suatu selat yang akan di singgahi atau di lewati.
  5. ADMIRALTY SAILING DIRECTION, buku ini berisi tentang data-data di pelabuhan di tempat di seluruh dunia, lihat halaman indeks untuk mendapatkan pelabuhan yang kita maksud.
  6. ADMIRALTY LIST OF RADIO , caranya sama dengan mencari suar yaitu kita cari nama pemancar di halaman index of stasion,  di  situ akan dapatkan no seri pemancar radio.
  7. DAFTAR ILMU PELAYARAN ,  berisi 27 daftar mengenai rumus untuk membantu dalam perhitungan penentuan posisi kapal.
  8. buku kepanduan bahari ( pilot boot ), berisi tentang suatu keadaan daerah secara lengkap meliputi : nomer peta, arus pasang surut, isyarat peringatan , sistem pelampung, komunikasi stasion radio, dan informasi lainnya.
  9. SIMBOL DAN SINGKATAN PETA LAUT , berisi tentang simbol-simbol dan singkatan yang terdapat padaa peta sehingga memudahkan navigator untuk melayari suatu perairan.
  10. INTERNATIONAL CODE OF SIGNAL , berisi tentang prosedur-prosedur komunikasi dan kode-kode internasional yang di ngunakan kapal dalam keadaan darurat atau bahaya dalam pelayaran. 

add your massage to every single people do comment here!

Click to comment